Penyebab Si-Buah Sulit Makan dan Solusi untuk Menuntaskannya

Anak-si kecil sulit makan adalah persoalan yang kerap dikeluhkan orang tua. Lalu apa hakekatnya penyebab kesusahan si kecil makan? Bagaimana solusinya dan metode mengatasinya supaya nutrisi bayi Anda terpenuhi?

Pada dasarnya, buah hati-si kecil usia pertumbuhan membutuhkan gizi dan kalori yang setara. Sampai umur 10 tahun, anak-buah hati membutuhkan 100 kalori per kilogram berat badan. Melainkan pada beberapa kesempatan, kebutuhan kalori ini tak terpenuhi karena berkurangnya nafsu makan.

Ada beberapa penyebab yang membuat si kecil sulit makan, termasuk diantaranya.
• Makan camilan padat kalori, sehingga dikala makan tiba buah hati sudah kenyang.
• Minum terlalu banyak susu. Walaupun, anak usia 1 tahun tak diharuskan mengkonsumsi susu.
• Bosan makan atau memberi tahu makanan.
• Si berada dalam fase ‘negativistik’ atau berlawanan.
• Si itu sakit atau sedih.

Berikut ini ialah 5 solusi untuk menangani anak-buah hati body endurance

1. Hargailah Nafsu Makan Buah Anda
Jangan memaksa si kecil Anda untuk makan makanan tertentu atau makan makanan. Sajikan makanan dalam porsi kecil dan biarkan ia meminta lebih banyak seandainya Anda tak kekenyangan.

2. Jadikan Makan Menyenangkan
Potong makanan menjadi pelbagai bentuk yang menarik. Sajikan makanan dengan beraneka warna sehingga si kecil-anak merasa lebih bersuka cita saat makan.

3. Libatkan Hati-Si Anda
Meminta anak-buah hati untuk membantu Anda memilih buah, sayuran, dan makanan sehat lainnya. Kemudian mintalah anak untuk menyiapkan bahan makanan. Ini membikin buah hati menjadi antusias tentang makanan yang akan ia konsumsi.

4. Berikan model
Apa yang orang tua lakukan, si kecil-anak mereka pasti akan dicontoh. Kalau Anda mengonsumsi berjenis-jenis makanan sehat, karenanya si kecil Anda akan mengikuti mereka.

5. Kurangi Distraksi
Matikan TV dan perlengkapan elektronik lainnya selama waktu makan. Ini akan membantu si kecil Anda konsentrasi untuk makan.
Selalu ingat bahwa tradisi makan tidak bisa diubah dalam satu malam. Tetapi, solusi yang Anda lakukan kini dapat membantu mengurangi penyebab si kecil Anda mengalami kesusahan makan. Semoga anak akan lebih merasakan makanannya.

Leave a Reply